Sabtu, 24 Agustus 2024

Ini Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet


Bagi yang suka dengan dunia otomotif tentu akan sangat peduli dengan kendaraan yang dimilikinya. Pecinta otomotif pasti sangat peduli dengan kendaraannya, dari hal kecil maupun besar terkait kendaraan tersebut. Tetapi ada yang perlu diketahui oleh masyarakat bagi pengguna kendaraan pribadi yaitu terkait aki. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan aki menempati posisi yang sangat krusial di sebuah kendaraan. Tak jarang kita sering melihat berbagai pengusaha yang menawarkan jual aki terdekat wilayah pedesaan maupun perkotaan.


Hal ini dikarenakan dari tahun ketahun kebutuhan akan kendaraan bermotor terus meningkat, dan memunculkan berbagai jenis kendaraan baik itu kendaraan tipe matic maupun manual. Tentunya kendaraan memiliki usianya sendiri tergantung dari pemakaian. Jika pengguna sering menggunakan kendaraannya, maka ada beberapa komponen dari kendaraan tersebut yang amasa penggunaannya lebih singkat seperti aki. Aki disini memiliki fungsi pokok sebagai alat penyimpan enerli listrik agar kendaraan dapat digunakan. Aki memiliki dua jenis yaitu kering dan basah. Tentu bagi kalian sudah tidak asing lagi dengat alat ini? Walau kalian bukan pecinta otomotif setidaknya mengetahui alat ini.


Jika anda ingin memiliki kendaraan yang awet tentunya anda harus merawatnya dengan baik. Hal ini dilakukan mulai dari servic motor secara berkala, rutin mengganti oli, hingga mengecek keadaan aki. Bagaimana cara merawat aki agar penggunaannya lebih tahan lama? Berikut ini kami sajikan beberapa cara merawat aki :


·      Aki Kering


Pada umumnya pengguna kendaraan bermotor sudah tidak asing lagi dengan jenis aki kering yang terkenal dengan perawatannya yang lebih mudah dibandingkan aki basah. Ini beberapa cara yang perlu dilakukan untuk merawat aki kering


1.   Pertama, rutin memanaskan kendaraan sebelum digunakan. Hal ini dilakukan guna mencapai suhu kerja mesin kendaraan serta menjaga kondisi kelistrikan kendaraan. Setidaknya luangkan waktu 5 – 10 menit sebelum kendaraan digunakan.

2.   Kedua, rutin membersihkan permukaan aki dengan menggunakan kain kering yang memiliki permukaan lembut. Hal ini dikarenakan apabila aki kotor dapat menyebabkan terganggunya proses kerja aki.

3.  Selanjutnya jangan terlalu membebani aki dengan memodif kendaraan seperti menambah beberapa aksesoris kendaraan yang akan mengakibatkan bertambahnya daya konsumsi aki. Jika ingin menambah berbagai modifas, harus disesuaikan juga dengan kapasitas aki.


·      Aki Basah 


Siapa yang tidak kenal dengan aki jenis ini? Aki jenis konvensional sebelum adanya aki kering. Aki ini jauh lebih murah dibandingkan dengan aki kering. Berikut ini cara merawat aki basah :


1.  Rutin mengecek tingkat elektrolit aki basah. Hal ini sangat penting dilakukan, jadi pastikan melakukannya sesuai petunjuk pabrikan.

2.  Selain itu, terminal pada aki basah sangat rentan terhadap korosi. Oleh karena itu, terminal secara berkala harus dibersihkan menggunakan kain bersih yang telah direndam dalam air dan larutan baking soda atau bisa juga menggunakan sikat gigi.

3.  Selanjutnya, anda harus memastikan tidak terdapat kebocoran elektrolit, dan aki basah telah terpasang dengan baik.  Pastikan aki basah bersih, tidak terdapat kotoran dan debris. Jika hal tersebut terjadi tumpukan debris dapat menyebabkan korosi dan kelembapan pada aki.


Itulah beberap cara yang dapat anda praktekan untuk merawat aki kendaraan anda. Dengan pengetahuan dasar ini dapat membantu anda dalam merawat aki agar tetap awet digunakan, jika anda mengalami kesulitan dengan persoalan aki anda dapat mengunjungi tempat yang jual aki terdekat di wilayah anda.  

Artikel Terkait

Ini Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet
4/ 5
Oleh

5 komentar

27 Agustus 2024 pukul 09.51 delete

nanti saya coba praktikan dirumah, keren juga semoga bermanfaat

Reply
avatar
27 Agustus 2024 pukul 09.53 delete

Oh jadi begitu cara merawat aki

Reply
avatar
27 Agustus 2024 pukul 10.02 delete

terima kasih artikelnya sangat bermanfaat sekali

Reply
avatar
27 Agustus 2024 pukul 10.11 delete

sebagai pecinta otomotif. aki ini selalu saya prioritaskan

Reply
avatar
27 Agustus 2024 pukul 10.15 delete

lanjutkan nanti min pembahasan mengenai aki nya

Reply
avatar